Posted by : Unknown 01 October 2012





Untuk membuat sebuah program baik yang berbasis dekstop maupun berbasis web, kita membutuhkan sebuah editor yang dapat membantu mempermudah penulisan syntax program yang akan kita tulis dengan mudah dan juga tentunya dengan kemampuan kompilasi yang handal dari program tersebut.

Netbeans pada awalnya didesain untuk digunakan membuat program yang berbasiskan bahasa pemrograman Java yang dikembangkan oleh Sun Micro System kemudian kini telah diakusisi oleh Oracle. Namun seiring perkembangan Netbeans, kini telah digunakan bukan hanya untuk membuat progam berbasis bahasa pemrograman Java saja, melainkan sudah banyak digunakan untuk membuat program berbasis PHP, C++, JavaScript, Groovy, dan Ruby.

NetBeans IDE 7.2 adalah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk berbagai jenis sistem operasi (Multiplatform) seperti Mac OS X, Windows, Linux. Selain itu NetBeans IDE didistribusikan di bawah lisensi GNU General Public License (GPL) v2, sehingga Anda dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis untuk penggunaan umum.

Berikut perubahan yang terjadi pada release Netbeans IDE 7.2 yang penulis kutip dari situs resminya disini  http://netbeans.org

Pembaharuan Fitur
·         Significant performance increase on remote filesystems, improved project scanning speed, and background project scanning
·         Java Editor enhancements
·         JavaTM SE Development Kit 7 Update 4 support
·         Full support of JavaFX 2.1.1 SDK on Windows and OS X 10.7
·         Redesigned search history in supported version control systems and support for Mercurial Queues
·         Ant 1.8.3 is supported and bundled with the IDE
·         Bundled version of Maven is upgraded to 3.0.4
·         Debugger improvements
·         PHP 5.4 support
·         Debugging and code assistance improvements in C++ projects and C++11 support

Kesimpulan
Semoga dengan pembaharuan yang terbaru dari versi Netbeans 7.2 dapat semakin mempermudah pekerjaan Anda. Saya percaya masih banyak editor lainnya yang lebih keren dari Netbeans diluaran sana yang belum kami ketahui. Untuk itu kami membutuhkan partisipasi pembaca untuk menginformasikan kepada kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar tentang editor tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Blog Notes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -