- Back to Home »
- Mendapatkan Input dari Keyboard
Posted by : Unknown
16 October 2012
Menggunakan BufferedReader untuk
mendapatkan input
Pada
bagian ini, kita akan menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package
untuk mendapatkan input dari keyboard. Berikut ini adalah langkah-langkah yang
diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:
1.
Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import
java.io.*;
2.
Tambahkan statement ini:
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
3.
Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan
fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus
mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in getting input”);
}
Berikut
ini adalah source code selengkapnya:
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader(
System.in) );
String name = "";
System.out.print("Please Enter Your Name:");
try{
name =
dataIn.readLine();
}
catch(
IOException e )
{
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello " + name
+"!");
}
}
Berikutnya
akan dijelaskan setiap baris dari code:
Statement,
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
menjelaskan
bahwa kita akan menggunakan kelas BufferedReader, InputStreamReader dan
IOExceptionyang berada di java.io package. Java Application Programming
Interface (API) sudah berisi ratusan kelas yang bisa digunakan untuk program anda.
Kelas-kelas
tersebut dikumpulkan ke dalam packages. Packagesmemiliki kelas yang mempunyai
fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package
mengandung kelas-kelas yang memungkinkan program untuk melakukan input dan
output data. Statement diatas juga dapat ditulis,
import java.io.*;
yang
akan mengeluarkan semua kelas yang berada pada paket, dan selanjutnya kita bisa
menggunakan kelas-kelas tersebut pada program kita.
Dua
statement selanjutnya,
public class
GetInputFromKeyboard
{
public static void
main( String[] args ){
kita
sudah mempelajari pada bab sebelumnya. Statement ini menyatakan bahwa kita mendeklarasikan
sebuah class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan mainmethod.
Pada
statement,
BufferedReader dataIn
= new BufferedReader(new
InputStreamReader(
System.in) );
kita
mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe kelas BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan
tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir
pembahasan. Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan
identifier name,
String name =
"";
Statement
diatas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Variabel name diinisialisasi
sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi
sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya. Baris berikutnya adalah
memberikan output string pada layar menanyakan nama user.
System.out.print("Please
Enter Your Name:");
Sekarang,
block di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
name =
dataIn.readLine();
}
catch( IOException e
){
System.out.println("Error!");
}
Pada
baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement
name = dataIn.readLine();
akan
ditangkap. Kita akan membahas tentang exception handling pada bab selanjutnya dari
pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, anda cukup mencatat bahwa anda perlu menambahkan
kode ini untuk menggunakan readLine() method dari BufferedReader untuk mendapatkan
input dari user.
Selanjutnya
statement,
name =
dataIn.readLine();
method
diatas memanggildataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan
sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan
kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hello
" + name + "!");
Menggunakan JOptionPane untuk
mendapatkan input
Cara
lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan kelas
JoptionPane yang didapatkan dari javax.swingpackage. JoptionPane membuat
kemudahan dengan memunculkan dialog box standar yang memberikan kepada user
sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.
Berikan
kode berikut ini,
import
javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
String name = "";
name =
JoptionPane.showInputDialog("Please enter your name");
String msg = "Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}
Akan
menghasilkan output,
Statement
pertama,
import
javax.swing.JOptionPane;
Menjelaskan
bahwa kita mengimport kelas JoptionPane dari javax.swingpackage.
Bisa
juga ditulis,
import javax.swing.*;
statement
selanjutnya,
name = JOptionPane.showInputDialog("Please
enter your name");
membuat
sebuah JOptionPaneinput dialog, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan,
sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut
adalah String dan disimpan ke dalam variabelname.
Sekarang
kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe msg,
String msg =
"Hello " + name + "!";
Baris
selanjutnya adalah menampilkan sebuahdialog yang memilki sebuah pesan dan
tombol
OK,
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
Kata Terakhir (versi BufferedReader)
Menggunakan
BufferedReader, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input
user tersebut ke layar. Contoh:
Enter
word1:Goodbye
Enter
word2:and
Enter
word3:Hello
Goodbye
and Hello
Kata Terakhir (versi JOptionPane)
Menggunakan JOptionPane, tanyakan tiga
kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh:
Gambar
1: Input Pertama
Gambar 2: Input Kedua
Gambar 3: Menampilkan Pesan
taruhan bola online dengan presentase kemenangan tertinggi
ReplyDeletemembuat sebuah JOptionPaneinput dialog, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan