Posted by : Unknown 16 October 2012


Menggunakan BufferedReader untuk mendapatkan input

Pada bagian ini, kita akan menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package untuk mendapatkan input dari keyboard. Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:
1. Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import java.io.*;

2. Tambahkan statement ini:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new 
InputStreamReader( System.in) );

3. Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:

try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in getting input”);
}

Berikut ini adalah source code selengkapnya:

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) ); 
String name = "";
System.out.print("Please Enter Your Name:");
try{
name = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e )
{
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello " + name +"!"); 
}
}

Berikutnya akan dijelaskan setiap baris dari code:
Statement,
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;

menjelaskan bahwa kita akan menggunakan kelas BufferedReader, InputStreamReader dan IOExceptionyang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) sudah berisi ratusan kelas yang bisa digunakan untuk program anda.
Kelas-kelas tersebut dikumpulkan ke dalam packages. Packagesmemiliki kelas yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package mengandung kelas-kelas yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data. Statement diatas juga dapat ditulis,

import java.io.*;

yang akan mengeluarkan semua kelas yang berada pada paket, dan selanjutnya kita bisa menggunakan kelas-kelas tersebut pada program kita.
Dua statement selanjutnya,

public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){

kita sudah mempelajari pada bab sebelumnya. Statement ini menyatakan bahwa kita mendeklarasikan sebuah class bernama  GetInputFromKeyboard  dan kita mendeklarasikan mainmethod.
Pada statement,

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );

kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama  dataIn dengan tipe kelas BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir pembahasan. Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name, 

String name = "";

Statement diatas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Variabel name diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya. Baris berikutnya adalah memberikan output string pada layar menanyakan nama user.

System.out.print("Please Enter Your Name:");

Sekarang, block di bawah ini merupakan try-catch block,

try{
name = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");




Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement

name = dataIn.readLine();

akan ditangkap. Kita akan membahas tentang exception handling pada bab selanjutnya dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, anda cukup mencatat bahwa anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan readLine() method dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.
Selanjutnya statement,

name = dataIn.readLine();

method diatas memanggildataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,

System.out.println("Hello " + name + "!");


Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input

Cara lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan kelas JoptionPane yang didapatkan dari javax.swingpackage. JoptionPane membuat kemudahan dengan memunculkan dialog box standar yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.
Berikan kode berikut ini,
import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
String name = "";
name = JoptionPane.showInputDialog("Please enter your name"); 
String msg = "Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}

Akan menghasilkan output,




Statement pertama,

import javax.swing.JOptionPane;

Menjelaskan bahwa kita mengimport kelas JoptionPane dari javax.swingpackage.
Bisa juga ditulis,

import javax.swing.*;

statement selanjutnya,

name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");

membuat sebuah JOptionPaneinput dialog, yang akan  menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabelname.

Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe msg,

String msg = "Hello " + name + "!";

Baris selanjutnya adalah menampilkan sebuahdialog yang memilki sebuah pesan dan
tombol OK,

JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);

Kata Terakhir (versi BufferedReader)
Menggunakan BufferedReader, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh:

Enter word1:Goodbye
Enter word2:and
Enter word3:Hello
Goodbye and Hello

Kata Terakhir (versi JOptionPane)
Menggunakan JOptionPane, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh:

Gambar 1: Input Pertama



Gambar 2: Input Kedua



Gambar 3: Menampilkan Pesan















{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. taruhan bola online dengan presentase kemenangan tertinggi

    membuat sebuah JOptionPaneinput dialog, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan

    ReplyDelete
  2. DAPETIN JUTAAN RUPIAH TANPA KELUAR MODAL?

    GABUNG YUKS SINI KE ZEUSBOLA.
    CUKUP DAFTAR DAN MAIN GAME KAMU BISA DAPAT SAMPAI JUTAAN RUPIAH

    PROMO DAN BONUS NYA ADALAH
    BONUS NEW MEMBER 10%
    BONUS CASHBACK
    BONUS EXTRA TURN OVER

    DEPOSIT CUKUP 50 RIBU DENGAN 1 USER ID LOHHH

    FAST RESPON 24 JAM
    TERAMAN DAN TERPERCAYA

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official

    ReplyDelete
  3. Mainkan permainan tembak ikan FISHERMEN GOLD pada lobby game Arcade SBOBET di BOLAVITA

    Terdapat 3 room untuk melakukan bettingan dengan tampilan yang sangat menarik dan jernih.

    Hanya dengan minimal Deposit Rp 50.000,- dan 1 USERID sudah dapat bermain permainan yang ada di dalam situs SBOBET.

    Dapatkan juga BONUS CASHBACK 5% - 10% dari Agen BOLAVITA

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Daftar, main dan tunjukkan tembakan jitu Anda di permainan tembak ikan!!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    ReplyDelete

- Copyright © My Blog Notes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -